RSS

KHASIAT JAMBU MONYET

12 Jul

 

 

Jambu monyet mengingatkan saya pada tanah kelahiranku, yaitu Kendari

Bisa dibilang kacang mete atau kacang jambu monyet adalah makanan khas disana. Bagaimana tidak, setiap saya pulang pasti ada saja yang pesan, menyuruh bawakan sebagai oleh-oleh. Bahkan bukan hanya saya saja, tapi hampir semua orang yang mudik di Kendari oleh-oleh utama adalah kacang mete. Saya pernah survey toko-toko di Jogja bahkan pasar Bringharjo pernah saya singgahi juga. Harga kacang mete di Jogja bisa mencapai ratusan ribu perkilonya. Dan yang paling murah sekitar Rp 50 ribuan perkilonya. Sedangkan di Kendari sekilonya hanya paling mahal sekitar 40 ribu. Karena perbedaan harga yang sangat mencolok itulah, setiap saya pulang, saya tidak lupa bawa kacang mete sebagai oleh-oleh.

 

Kembali ke topik… jambu monyet bukan berarti jambunya mirip monyet, tapi dikatakan jambu monyet karena pohon jambu ini memiliki buah kecil yang sering disebut mete (mende) yang bergelayut dibagian bawah buah pohon ini.

 

Jambu mete memiliki nama latin Anacardium occidentale, linn. Di Inggris jambu mete disebut Cashew. Sedangkan di Indonesia disebut jambu mente, khusus orang Jawa menyebutnya “jambu Mete atau jambu mede” . dan di Lampung terkenal dengan “gaju”.

 

Pohon jambu monyet merupakan tumbuhan dikotil. Batang pohonnya tidak rata dan berwarna coklat tua. Bunganya berwarna putih. Buahnya berdaging lunak, berair, dan berwarba kuning kemerahan. Buah monyet ini merupakan buah semu karena sebenarnya buah ini merupakan tangkai buah yang membesar. Buah sebenarnya dari pohon jambu adalah yang sering disebut sebagai mete atau mende atau mente. Diamana buah mete ini adalah buah batu yang berbentuk ginjal dengan kulit keras dan biji berkeping dua.

 

Jambu monyet banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptic, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Selain itu daunnya yang masih muda mengandung vitamin A, C, kalori protein, lemak kalsium, fosfor besi dan air.

 

Selain buahnya bisa dijadikan cemilan pohon jambu ini sangat bermanfaat untuk megobati berbagai penyakit. Berikut adalah khasit jambu mete terhadap penyembuhan berbagai penyakit :

 

** Disentri

 

Bahan : 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang

jambu monyet

 

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan ½

liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil

airnya.

 

Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

** Diabetes Melitus

 

Bahan : 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras

secukupnya

 

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2

liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil

airnya.

 

Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

 

** Radang Mulut

 

Bahan : 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang

jambu monyet

 

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1

liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil

airnya.

 

Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Semoga bermanfaat…………

 

About these ads
 
44 Komentar

Ditulis oleh pada Kamis, Juli 12, 2007 in health

 

44 responses to “KHASIAT JAMBU MONYET

  1. Monyet

    Jumat, Juli 13, 2007 at 4:28 am

    jambu monyet banyak di Kendari….??
    Kendari itu daerah mana ????
    pulau bagian mana ????

    aku mau penelitian tentang jambu monyet
    Mohon bantuan …..

     
  2. a girl

    Rabu, Agustus 22, 2007 at 8:18 am

    kog g bisa dCopy?
    harus manual ngetik lagi ya?

    ahhh,,

    repott\_/

     
  3. zaitunmaname

    Jumat, Agustus 24, 2007 at 8:18 am

    masak sih tidak bisa di copy :)…coba aja…pasti bisa..coz aku dah coba :D

     
  4. Herbal

    Selasa, April 8, 2008 at 8:40 am

    disamping itu biji jambu monyet juga berkhasiat untuk mengusir binatang yang memasuki pekarangan rumah. caranya , ambil 1 buah jambu monyet yang sudah matang, lalu dicuci bersih dan dimakan, bijinya digunakan untuk menimpuk :-)

     
  5. ferianto

    Rabu, April 30, 2008 at 4:26 am

    saya mo penelitiann tentang jambu monyet gimana basa dapat literaturnya 085252171777

     
  6. JAL MOKUI

    Selasa, Juni 10, 2008 at 6:44 am

    mohon bantuannya konsentrasi daun jambu mete untuk ruam kulit dan obat kumur…..buat penelitianku….makasiiiiih banyak

     
  7. Mw donk penelitian tentang tempe mete

    Senin, September 8, 2008 at 6:34 am

    Mw donk penelitian tentang tempe dr mete:)

     
  8. ghandi manik

    Kamis, Oktober 16, 2008 at 2:30 pm

    masih belajar net ya??? masa gak bisa di copy..
    perlu belajar banyak lagi nihhhhhhhh

     
  9. Bihita

    Jumat, November 7, 2008 at 8:32 am

    Pohon Mede ternyata banyak manfaatnya ya. Tetangga saya pohon medenya tumbuh besar dan tinggi sehingga buahnya jatuh ke kebon saya. Biji buah medenya saya kumpulkan untuk dijadikan camilan mede goreng tapi saya bingung daging buahnya untuk apa? Bisa tolong dapatkan resep untuk membuat anggur mede dari daging buah mede.
    Terima kasih,
    Bihita

     
    • rahman

      Minggu, Mei 27, 2012 at 4:07 am

      didaerah mana pak ,,saya lagi cari jambu mede,untuk istri yang lagi ngidam,,mohon bantuannya,,sudah carinya di jakarta,kalau ada mohon info ke email saya,, r_rahman2002@yahoo.com…terima kasih

       
      • zaitunmaname

        Rabu, Juni 13, 2012 at 8:26 am

        wss..untk wilayah jkt sy kurang paham berhubung sy tnggal di Sulawesi ^_^

         
      • rahman

        Rabu, Juni 13, 2012 at 8:34 am

        bisa minta tolong kirim ke saya ga bu,,beberapa biji jambu monyetnya..karena untuk istri saya yg lagi ngidam,,nanti segala biaya plus ongkos kirim nya saya ganti,,kalau boleh bisa sms ke hp saya 081584460250

         
  10. naser

    Minggu, Februari 22, 2009 at 3:40 pm

    jazakumullah khoir.saya copy ya..tak tulis sumbernya kok, santae wae.ane bukan plagiator.syukron.Subhanallah khasiat ciptaan Allah SWT.salam kenal…..

     
  11. wonk ayu

    Rabu, Agustus 12, 2009 at 2:34 am

    ada yang laen g?????????????????
    ato ada resep tntang jambu monyet

     
  12. La Firudi

    Jumat, Oktober 2, 2009 at 5:24 am

    Alhamdulillah saya dapat informasi baru tentang Jambu Mete, tanaman yang banyak terdapat di kampung saya di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

     
    • Rinaldy Roy

      Selasa, September 7, 2010 at 3:43 am

      istri ane lagi hamil..bisa ane ditolong kirimin buah jambu mete yg masak..ongkos kirimnya ane ganti ..salam, rinaldy roy 0817 633 8101

       
    • marten

      Senin, Januari 31, 2011 at 8:55 am

      ooo mmmg bnyak di muna

       
  13. della

    Senin, Maret 1, 2010 at 3:25 am

    ehm…..apakh jambu monyet juga daat menyembuhkan penyakit asma???

    tolong jawabannya….yaaaaaa./../////

     
  14. gajah ndekem

    Sabtu, Maret 6, 2010 at 10:20 am

    kendari itu dekat dengan nggude kae lho wong

     
  15. setyonotonegoro

    Kamis, Maret 11, 2010 at 6:38 am

    katanya bisa buat obat asma juga ya

     
  16. rizky azhari

    Rabu, Juni 23, 2010 at 1:46 pm

    saya sudah tw bahwa getah jambu monyet dpat d jadikan perekat/gum. dn daunnya tidak hnya untuk obat tetepi dpt menjadi pupuk dn bahan untuk membakar sampah tanpa harus menggunakan minyak tanah. dn saya juga terkadang mnjadikn buah jambu monyet mnjadi pengharum kulkas saya.

     
    • Anonymous

      Selasa, Oktober 25, 2011 at 4:18 am

      masak sih, gimana caranya ?????????????????????? ;p

       
  17. eva

    Rabu, Juni 30, 2010 at 6:12 am

    Saya dengar jambu monyet bs buat obat magh, betul ga?

     
  18. eva

    Rabu, Juni 30, 2010 at 6:13 am

    oh iya kalo ada yg jual jambu monyet,di jakarta dmn yah? mohon infonya?

     
  19. cawit

    Senin, September 6, 2010 at 1:03 pm

    apa benar khasiat daun jambu mete salah satunya adalah merawat kekencangan daerah kewanitaaan?

     
  20. SITI SUHARTI

    Jumat, November 5, 2010 at 10:23 am

    Makasih infonya yaa. Saya jadi tahu khasiat jambu mede.Tapi saya pernah makan daun muda jambu mete/mede tapi kok mah saya langsung sakit ya. Apa ada pengaruhnya terhadap penyakit mah. Thanks.

     
  21. rudi setia

    Jumat, November 19, 2010 at 2:34 pm

    tlg dong cara engbuka biji jambu monyaet tersebut abis susah banget

     
  22. Noor ain

    Sabtu, April 9, 2011 at 1:35 am

    jgn kate cuma jambu monyet, dikampung tu, juga banyak monyet, tetangga gitu loh!. Trims infonya. Salam Noor ain

     
  23. adie

    Rabu, Mei 18, 2011 at 11:04 am

    ditempat w banyak nih pohon jambu mete n skrng lg pd b’buah gan…
    alamat didepok lama gan..

     
    • rahman

      Minggu, Mei 27, 2012 at 4:12 am

      depoknya dimana gan,,bisa bantu ga? saya lagi cari buah jambu mete nih,,buat istri yg lagi ngidam,,mohon hubungi ke 081584460250,,r_rahman2002@yahoo.com

       
  24. Vita Tara Taro

    Selasa, Mei 24, 2011 at 5:46 am

    aku suka banget ma jambu monyet

     
  25. Anonymous

    Jumat, September 16, 2011 at 10:32 am

    maf mo tnya jambu mete bisa utk obat flu ga ya??

     
  26. vera

    Senin, September 19, 2011 at 2:31 am

    makasih ya infonya..:-)
    salam

     
  27. Anonymous

    Selasa, Oktober 25, 2011 at 4:25 am

    ssaya pengen tau gnm cie membuat inovasi baru tentng jambu mede ?????????????????

     
  28. artchemist

    Rabu, Oktober 26, 2011 at 1:36 am

    kata dokter ane, tu jambu mede bisa utk terapi sembuhin maag akut, mohon informasi perolehan di seputar tangerang.. thanks.

     
  29. Hamba Allah

    Jumat, Februari 17, 2012 at 3:13 pm

    trims semoga berkhasiat dan bermanfaat

     
  30. rangga

    Sabtu, Februari 25, 2012 at 7:16 pm

    punten numpang tanya… kalo di bandung, di pasar mana atau daerah mana yang jual jambu monyet ?

     
  31. rahman

    Minggu, Mei 27, 2012 at 4:14 am

    untuk wilayah..jakarta dimana ya,,yg jual jambu monyet/jambu mede ? mohon infonya

     
    • zaitunmaname

      Rabu, Juni 13, 2012 at 8:25 am

      wss..mf sebelumnya pak rahman br di bls commentnya..untk wilayah jkt sy kurang paham berhubung sy tnggal di Sulawesi ^_^

       
  32. yadi

    Kamis, Agustus 23, 2012 at 2:35 am

    bkan hx buah ama bjix yg b’manfa’t, tp gteh bjix ane jdiin obt kurap…. n ternyata sembuh

     
  33. wahyu

    Senin, September 30, 2013 at 3:35 am

    saya sdh 2 thn ini sakit mah akut,gx bisa kerja berat karena suka sesak napas.kata dokter sih klw lg kerasa sakit lambungnya kembung nekan paru2x jdi sesak napas.ada kabar katanya jambu monyet bisa buat obat sakit maag akut.bener gx? kli aja ada yg tau.

     
  34. lisnA

    Kamis, Juli 31, 2014 at 1:56 am

    dirumh saya ada pohon jambu mete,tiap 2 bulan berbuah ,,tlg dong cara buka biji jambu mete

     
  35. yuli

    Minggu, Agustus 17, 2014 at 5:37 pm

    Mba aku mau dong bji jambu monyetnya yg masi muda yg masi ada getahnya …trimkasi

     
  36. yuli

    Minggu, Agustus 17, 2014 at 5:39 pm

    Mba aku mau dong bji jambu monyetnya yg masi muda yg masi ada getahnya …trimkasi
    Hub saya keno ini 088808413445 nanti ongkir smua saya bayar..soalnya saya lagi btuh banget.

     

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: