KHASIAT JAMBU MONYET


 

 

Jambu monyet mengingatkan saya pada tanah kelahiranku, yaitu Kendari

Bisa dibilang kacang mete atau kacang jambu monyet adalah makanan khas disana. Bagaimana tidak, setiap saya pulang pasti ada saja yang pesan, menyuruh bawakan sebagai oleh-oleh. Bahkan bukan hanya saya saja, tapi hampir semua orang yang mudik di Kendari oleh-oleh utama adalah kacang mete. Saya pernah survey toko-toko di Jogja bahkan pasar Bringharjo pernah saya singgahi juga. Harga kacang mete di Jogja bisa mencapai ratusan ribu perkilonya. Dan yang paling murah sekitar Rp 50 ribuan perkilonya. Sedangkan di Kendari sekilonya hanya paling mahal sekitar 40 ribu. Karena perbedaan harga yang sangat mencolok itulah, setiap saya pulang, saya tidak lupa bawa kacang mete sebagai oleh-oleh.

 

Kembali ke topik… jambu monyet bukan berarti jambunya mirip monyet, tapi dikatakan jambu monyet karena pohon jambu ini memiliki buah kecil yang sering disebut mete (mende) yang bergelayut dibagian bawah buah pohon ini.

 

Jambu mete memiliki nama latin Anacardium occidentale, linn. Di Inggris jambu mete disebut Cashew. Sedangkan di Indonesia disebut jambu mente, khusus orang Jawa menyebutnya “jambu Mete atau jambu mede” . dan di Lampung terkenal dengan “gaju”.

 

Pohon jambu monyet merupakan tumbuhan dikotil. Batang pohonnya tidak rata dan berwarna coklat tua. Bunganya berwarna putih. Buahnya berdaging lunak, berair, dan berwarba kuning kemerahan. Buah monyet ini merupakan buah semu karena sebenarnya buah ini merupakan tangkai buah yang membesar. Buah sebenarnya dari pohon jambu adalah yang sering disebut sebagai mete atau mende atau mente. Diamana buah mete ini adalah buah batu yang berbentuk ginjal dengan kulit keras dan biji berkeping dua.

 

Jambu monyet banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptic, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Selain itu daunnya yang masih muda mengandung vitamin A, C, kalori protein, lemak kalsium, fosfor besi dan air.

 

Selain buahnya bisa dijadikan cemilan pohon jambu ini sangat bermanfaat untuk megobati berbagai penyakit. Berikut adalah khasit jambu mete terhadap penyembuhan berbagai penyakit :

 

** Disentri

 

Bahan : 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang

jambu monyet

 

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan ½

liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil

airnya.

 

Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

** Diabetes Melitus

 

Bahan : 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras

secukupnya

 

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2

liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil

airnya.

 

Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

 

** Radang Mulut

 

Bahan : 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang

jambu monyet

 

Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1

liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil

airnya.

 

Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Semoga bermanfaat…………

 

41 tanggapan

  1. jambu monyet banyak di Kendari….??
    Kendari itu daerah mana ????
    pulau bagian mana ????

    aku mau penelitian tentang jambu monyet
    Mohon bantuan …..

  2. kog g bisa dCopy?
    harus manual ngetik lagi ya?

    ahhh,,

    repott\_/

  3. masak sih tidak bisa di copy :)…coba aja…pasti bisa..coz aku dah coba :D

  4. disamping itu biji jambu monyet juga berkhasiat untuk mengusir binatang yang memasuki pekarangan rumah. caranya , ambil 1 buah jambu monyet yang sudah matang, lalu dicuci bersih dan dimakan, bijinya digunakan untuk menimpuk :-)

  5. saya mo penelitiann tentang jambu monyet gimana basa dapat literaturnya 085252171777

  6. mohon bantuannya konsentrasi daun jambu mete untuk ruam kulit dan obat kumur…..buat penelitianku….makasiiiiih banyak

  7. masih belajar net ya??? masa gak bisa di copy..
    perlu belajar banyak lagi nihhhhhhhh

  8. Pohon Mede ternyata banyak manfaatnya ya. Tetangga saya pohon medenya tumbuh besar dan tinggi sehingga buahnya jatuh ke kebon saya. Biji buah medenya saya kumpulkan untuk dijadikan camilan mede goreng tapi saya bingung daging buahnya untuk apa? Bisa tolong dapatkan resep untuk membuat anggur mede dari daging buah mede.
    Terima kasih,
    Bihita

    1. didaerah mana pak ,,saya lagi cari jambu mede,untuk istri yang lagi ngidam,,mohon bantuannya,,sudah carinya di jakarta,kalau ada mohon info ke email saya,, r_rahman2002@yahoo.com…terima kasih

      1. wss..untk wilayah jkt sy kurang paham berhubung sy tnggal di Sulawesi ^_^

      2. bisa minta tolong kirim ke saya ga bu,,beberapa biji jambu monyetnya..karena untuk istri saya yg lagi ngidam,,nanti segala biaya plus ongkos kirim nya saya ganti,,kalau boleh bisa sms ke hp saya 081584460250

  9. jazakumullah khoir.saya copy ya..tak tulis sumbernya kok, santae wae.ane bukan plagiator.syukron.Subhanallah khasiat ciptaan Allah SWT.salam kenal…..

  10. ada yang laen g?????????????????
    ato ada resep tntang jambu monyet

  11. Alhamdulillah saya dapat informasi baru tentang Jambu Mete, tanaman yang banyak terdapat di kampung saya di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

    1. istri ane lagi hamil..bisa ane ditolong kirimin buah jambu mete yg masak..ongkos kirimnya ane ganti ..salam, rinaldy roy 0817 633 8101

    2. ooo mmmg bnyak di muna

  12. ehm…..apakh jambu monyet juga daat menyembuhkan penyakit asma???

    tolong jawabannya….yaaaaaa./../////

  13. kendari itu dekat dengan nggude kae lho wong

  14. katanya bisa buat obat asma juga ya

  15. saya sudah tw bahwa getah jambu monyet dpat d jadikan perekat/gum. dn daunnya tidak hnya untuk obat tetepi dpt menjadi pupuk dn bahan untuk membakar sampah tanpa harus menggunakan minyak tanah. dn saya juga terkadang mnjadikn buah jambu monyet mnjadi pengharum kulkas saya.

    1. masak sih, gimana caranya ?????????????????????? ;p

  16. Saya dengar jambu monyet bs buat obat magh, betul ga?

  17. oh iya kalo ada yg jual jambu monyet,di jakarta dmn yah? mohon infonya?

  18. apa benar khasiat daun jambu mete salah satunya adalah merawat kekencangan daerah kewanitaaan?

  19. Makasih infonya yaa. Saya jadi tahu khasiat jambu mede.Tapi saya pernah makan daun muda jambu mete/mede tapi kok mah saya langsung sakit ya. Apa ada pengaruhnya terhadap penyakit mah. Thanks.

  20. tlg dong cara engbuka biji jambu monyaet tersebut abis susah banget

  21. jgn kate cuma jambu monyet, dikampung tu, juga banyak monyet, tetangga gitu loh!. Trims infonya. Salam Noor ain

  22. ditempat w banyak nih pohon jambu mete n skrng lg pd b’buah gan…
    alamat didepok lama gan..

    1. depoknya dimana gan,,bisa bantu ga? saya lagi cari buah jambu mete nih,,buat istri yg lagi ngidam,,mohon hubungi ke 081584460250,,r_rahman2002@yahoo.com

  23. aku suka banget ma jambu monyet

  24. maf mo tnya jambu mete bisa utk obat flu ga ya??

  25. makasih ya infonya..:-)
    salam

  26. ssaya pengen tau gnm cie membuat inovasi baru tentng jambu mede ?????????????????

  27. kata dokter ane, tu jambu mede bisa utk terapi sembuhin maag akut, mohon informasi perolehan di seputar tangerang.. thanks.

  28. trims semoga berkhasiat dan bermanfaat

  29. punten numpang tanya… kalo di bandung, di pasar mana atau daerah mana yang jual jambu monyet ?

  30. untuk wilayah..jakarta dimana ya,,yg jual jambu monyet/jambu mede ? mohon infonya

    1. wss..mf sebelumnya pak rahman br di bls commentnya..untk wilayah jkt sy kurang paham berhubung sy tnggal di Sulawesi ^_^

  31. bkan hx buah ama bjix yg b’manfa’t, tp gteh bjix ane jdiin obt kurap…. n ternyata sembuh

  32. saya sdh 2 thn ini sakit mah akut,gx bisa kerja berat karena suka sesak napas.kata dokter sih klw lg kerasa sakit lambungnya kembung nekan paru2x jdi sesak napas.ada kabar katanya jambu monyet bisa buat obat sakit maag akut.bener gx? kli aja ada yg tau.

Tinggalkan Komentar

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

