RSS

Depresi

11 Jul

 

Depresi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami perasaan sedih berkepanjangan disertai perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan.

Depresi dapat disebabkan oleh faktor psikis seperti konflik individual/interpersonal, problem eksistensi, perasaan putus asa setelah mengalami stress berkepanjangan, peristiwa kehilangan yang sangat ekstrim seperti kehilangan kesempatan tercapainya rencana plan hidup, kehilangan pekerjaan, ataupun hilangnya suatu harapan.

Tetapi dapat pula disebabkan oleh faktor biologis seperti sakit kronis, perubahan hormonal, depresi pasca melahirkan, penurunan berat badan yang terlalu drastis.Gejala gejalanya dapat berupa gejala psikis, fisik maupun sosial.

Secara psikis, seorang yang terkena depresi menjadi mudah murung, sedih berkepanjangan, merasa bersalah, sensitif, mudah marah, mudah tersinggung, hilangnya konsentrasi dan semangat kerja, tidak percaya diri.

Sedang gejala gejala fisiknya antara lain mengalami gangguan pola tidur seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur, sulit tidur. Mudah merasa lelah dan suka bermalas malasan seperti nonton TV, tidur ataupun makan.

Kecanduan pada benda benda tertentu seperti rokok, ngemil ataupun pada aktifitas tertentu seperti ngelamun, nelpon, internet dsb.meningkat.

Gejala sosial antara lain menurunnya produktifitas kerja akibat kehilangan minat dan motivasi kerja, sistimatika kerja menjadi kacau dan tidak terstruktur. Merasa tidak nyaman didalam kelompoknya dan tidak menyukai kegiatan yang melibatkan orang lain …dll

Dari gambaran-gambaran pemaparan diatas sepatutnyalah kita bangkit dari depresi menuju perbaikan diri menjadi yang lebih positif. Karena ternyata banyak sekali kerugian kalau kita terus terhanyut oleh perasaan deperesi….karena waktu akan terbuang dengan hal-hal yang tidak berguna yang semestinya waktu tersebut bisa kita gunakan untuk menambah nilai pribadi kita.

Mungkin ini hanya sebuah pengalaman hidup saya. Jika saya sedang dilanda stress ataupun sejenisnya yang dapat membuat depresi, berarti kadar keimanan saya sedang menurun atau dikenal dengan istilah “futur”

Semua itu dapat saya rasakan dengan melihat kualitas aktivitas ibadah saya yang semakin hari mulai turun. Terutama kualitas ibadah sholat dan tilawah..

Jadi obat dari semua penyakit menurut saya adalah keimanan kita kepada Tuhan ..taqwa dan pasrah namun tatap berusaha dengan amalan2 ibadah kita dan ikhtiar kita

Wallahu A’lam Bishowab

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Rabu, Juli 11, 2007 in Live

 

One response to “Depresi

  1. Hamba Allah

    Jumat, Februari 17, 2012 at 2:07 pm

    mencegah lebih baik dari pada mengobati hadapi masalah tnpa masalah jadi msalh satu ujian jika kita dpt mnyelesaikn akn meningkt yakin Allah selalu ada dimanapun kita berada resah biasa streess semoga tidk jadi bagian hidup yika kita dgn tenang menghadapi segala sesuatu doa iman takwa usaha yakin dgn kesuksesan Amin

     

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: