RSS

MUHASABAH DI TAHUN BARU 2011

03 Jan

Rasulullah Muhammad SAW. bersabda :

“ Orang yang cerdas adalah orang yang selalu mengendalikan hawa nafsunya dan beramal untuk kehidupan setelah kematian …. “ ( HR.at-Tirmidzi )

Diantara pengertian “orang yang mengendalikan hawa nafsunya “ dalam hadist diatas adalah orang yang selalu menghisap dirinya didunia sebelum dirinya dihisab di hari kiamat.

Umar bin al Khathab berkata :

“ Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab oleh Allah SWT kelak. Bersiaplah menghadapi hari perhitungan yang amat dasyat. Sesungguhnya hisab pada Hari Kiamat seakan terasa ringan bagi orang yang selalu menghisab diri ketika di dunia “  ( Al –Mubarakfuri.Tuhfah Al- ahwadzi bin Syarh Jami’ at-Tirmidzi )

Muhasabah ( menghisab diri ) sebagai salah satu pesan inti dari hadis diatas, sangatlah penting dilakukan oleh setiap diri kita. Dengan sering melakukan muhasabah ia akan selalu mengetahui kelemahan , kekurangan , dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Dengan demikian akan terdorong untuk selalu melakukan perbaikan diri. Dan berharap hari demi hari , bulan demi bulan dan tahun demi tahun kita akan menjadi umat yang lebih baik. Ia akan semakin ihlas dalam menjalankan segala aktifitas , semakin ihlas menjalankan segala perintahNya dan semakin terjauh dari laranganNya.

Kita sadari semua karena suatu alasan kesibukan mencari nafkan dan kegiatan lainnya kita tak lagi sempat ber –muhasabah, atau bisa jadi karena kita lalai dan terbuai dengan kesibukan itu sendiri.  Kita juga lupa bahwa kesibukan itu sendiri adalah karunia Allah semata yang sangat patut selalu disyukuri bukan dikufuri.

Tahun 2010 sudah berakhir dan marilah kita sambut tahun 1432 H / 2011 M dengan penuh semangat , penuh harapan, penuh perjuangan sehingga kita bisa lalui hari hari tahun yang akan datang menjadi bermakna dan lebih baik dari tahun 2010.  Selama setahun penuh kita bersama banyak salah dan khilaf , mohon maaf atas segala salah dan khilaf,. Dan terima kasih atas kerjasamanya selama tahun 2010.

Happy New Year 2011.

Akhirul kalam Wassalamu’alaikum Wr Wb.

(By Anonim)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Senin, Januari 3, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: