RSS

WEEKEND

10 Okt

 

396891_3528742780775_1236425950_n

Weekend kali ini adalah bersepeda santai di sekitar Eks MTQ atau tepatnya alun-alun kendari. Pagi yang sejuk dengan menghirup udara pagi yang lumayan cukup bersih membuat semangat hidup pun kembali berkobar ( panas kali Ye..) . Bagaimana tidak, rutinitas kerja dari hari senin sampai jum’at disibukkan dengan pekerjaan kantor yang begitu padat kadang membuat syaraf2 dikepala terasa tegang alias capek, maka weekend sebaiknya di isi dengan kegiatan-kegiatan positif guna refreshing.  Seperti biasa hari sabtu adalah hari bersepeda bagi saya dimana akan saya lanjutkan dengan tujuan berikutnya yaitu mengunjungi perpus daerah yang tak jauh dari Ex MTQ.

Bersepeda ternyata selain buat hiburan dan kumpul-kumpul dengan teman ternnyata ada banyak manfaatnya lho. yuks kita mengintip apa saja sih manfaat dari bersepeda itu.

Sepeda ternyata merupakan cara paling mudah dan langsung untuk mengurangi emisi gas buang dari sektor transportasi.

Berbagai penelitian semakin menguatkan manfaat menggunakan sepeda terhadap kelestarian lingkungan. Sebuah publikasi dari Green Commuter menuliskan bahwa emisi kendaaran bermotor menyumbang 31% dari total karbon dioksida, 81% dari karbon monoksida dan 49 persen dari nitrogen oksida yang mengotori udara AS. Sebanyak 60% dari polusi akibat kendaraan bermotor dikeluarkan pada beberapa menit awal penggunaannya. Karena beberapa menit awal ini menciptakan tingkat emisi yang tinggi, maka rute jarak pendek dari mobil lebih banyak menimbulkan polusi per kilometernya bila dibandingkan dengan jarak yang jauh. Perjalanan pendek sejauh 4 mil menggunakan sepeda akan menghindarkan sekitar 15 pound polutan memenuhi udara yang kita hirup bersama. (WorldWatch Institute).

Manfaat kualitas hidup

Kondisi yang lebih baik untuk kegiatan bersepeda mempunyai manfaat yang tidak bisa dipisahkan terhadap kualitas hidup di kota-kota besar. Jumlah orang yang bersepeda dapat menjadi indikator yang baik terhadap usia harapan hidup masyarakat. Seperti kita ketahui tingginya usia harapan hidup merupakan faktor yang mempengaruhi ketertarikan dunia bisnis dan pencari kerja, dan tidak kalah penting juga akan menarik wisatawan.
Kenyamanan bersepeda dan rute yang terpadu memberikan alternatif lain dari penggunaan kendaraan pribadi (bermotor) dan akan meningkatkan kontak sosial dengan orang lain. Dengan tersedianya fasilitas jalur sepeda dan pejalan kaki, masyarakat akan berinteraksi satu sama lain dan memperkuat hubungan antar tetangga sekitar. Jika ini semua tercapai, maka masyarakat yang ada akan menjadi masyakarakat yang sehat dan memiliki identitas sosial yang baik.

Lebih Jauh tentang Bersepeda

Bersepeda secara teratur (sebagai olahraga atau tujuan yang lain) membawa dampak positif terhadap kesehatan manusia dari semua tingkatan usia, termasuk di antaranya adalah: mengurangi resiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit kronis lainnya; biaya pemeliharaan kesehatan yang lebih rendah dan meningkatkan taraf hidup. Bagian tulisan ini akan membantu anda :

  • Menjadi terinspirasi untuk mulai bersepeda.
  • Lebih sering bersepeda dengan aman.
  • Mencari rute bersepeda atau peta bersepeda.

Motivasi

Kebanyakan orang sudah mengetahui manfaat dari aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur. Bahkan dikatakan bahwa sedikitnya 30 menit berjalan kaki atau bersepeda tiap hari sudah cukup untuk meningkatkan tingkat energi dan mood kita, ditambah bonus turunnya berat badan, dan mengurangi resiko sebagai host of chronic afflictions and an early demise. Namun bagaimana mengupayakan supaya aktivitas fisik tersebut menjadi kebiasaan kita yang dapat kita lakukan secara kontinu? Mulailah dengan menentukan tujuan-tujuan yang masuk akal, buatlah secara gradual dan usahakan menjaga supaya aktivitas tersebut tetap menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari:

  • Bersepeda sekali waktu untuk menggantikan rute perjalanan yang biasa anda lalui dengan mobil/motor.
  • Carilah teman bersepeda atau ajak anggota keluarga untuk bersepeda santai setelah makan malam.
  • Bersepeda lah dengan anak ke sekolahnya atau buatlah gerakan Hari Berjalan Kaki ke Sekolah
  • Cobalah bersepeda mengelilingi tempat tinggal anda. Tentukan apakah lingkungan tersebut cocok untuk kegiatan bersepeda atau tidak
  • Buatlah catatan aktivitas sehari-hari anda. Perkirakan jarak tempuh anda bersepeda dalam hari itu atau berapa menit yang anda gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik
  • Bergabunglah dengan klub pesepeda atau bentuk sendiri klub bersepeda anda dengan jadwal kegiatan yang teratur. Dukungan sesama anggota klub atau pesepeda akan berdampak positif dan meningkatkan motivasi anda.
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Rabu, Oktober 10, 2012 in Live

 

One response to “WEEKEND

  1. rima

    Rabu, Oktober 10, 2012 at 8:49 am

    ganti tema kah cul?bagus, lebih fresh dan lebar..

     

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: