RSS

Di Ufuk Fajar

20 Nov

hhhhfajar

Nabi Muhammad bersabda:

 “Tiada yang bisa mengubah takdir selain doa dan tiada yang bisa memanjangkan umur kecuali perbuatan baik”.

Setelah berjuang melawan jaringan modemku yang lelet akhirnya hari ini ada hasilnya. Kemarin sepulang dari kantor bertemu dengan teman lama. Dia bekerja di Harian Pos dan sudah beberapa bulan tidak ketemu. Dia menanyakan tentang puisi-puisi ku, kenapa aku tidak masukkan lagi di rubric Harian Pos. Iya memang beberapa bulan yang lalu, aku sempat memasukkan beberapa karya puisiku dan Alhamdulillah semua termuat di rubric Puisi Harian Pos tersebut. Senang bercampur tidak percaya puisiku bisa menghiasi kolom rubric Puisi di Harian Pos tersebut. Ini semua karena tak luput dari seringnya aku menulis di blog ini.

Setelah bercerita panjang dan lebar, akhirnya dia menawarkan kepadaku untuk mengisi rubric pada kolom cerpen, tapi aku belum menyanggupinya. Selama ini banyak teman yang menyarankan agar aku masuk di kelompok lingkar pena, agar bakatku mengarang bisa tersalurkan dengan baik. Mereka senang dengan beberapa cerpen yang sudah aku buat, namun semua itu hanya aku jadikan koleksi pribadi.

Di ufuk fajar ini aku merenung dan mulai berfikir untuk mengembangkan bakat menulisku. Banyak hal yang aku planning-kan tapi semuanya masih di angan-angan.  Manusia memang hanya bisa berencana dan Tuhanlah penentu segalanya.

Manusia terlalu lemah untuk mengucapkan “pasti” karena sesungguhnya Allah pemegang Kendali. Flash Back aku pernah berencana dan bahkan sudah ada tekat ku untuk mengambilnya. Namun ternyata Tuhan dan takdir berkata lain. Tapi aku sebagai manusia hanya bisa tersenyum seperti di fajar ini dan aku hanya bisa tersenyum .  Karena sesungguhnya kejadian yang terjadi di hidup kita sudah tercatat dalam kitab “Lauh mahfudz”.

 Lauh Mahfuzh (Arabلَوْحٍ مَحْفُوظٍ) adalah kitab tempat Allah menuliskan segala seluruh skenario/ catatan kejadian di alam semesta. Lauh Mahfuzh juga disebut di dalam Al-Qur’an sebanyak 13 kali diantaranya adalah dalam surah Az-Zukhruf 43: 4, Qaf 50: 4, An-Naml 27: 75 dan lainnya.

Menurut syariat Islam, Allah telah mencatat segala kejadian-kejadian di dalam Lauh Mahfuzh, dari permulaan zaman sampai akhir zaman. Baik berupa kisah nabi dan rasulazab yang menimpa suatu kaum, pengetahuan tentang wahyu para nabi dan rasul, tentang penciptaan alam semesta dan lain-lain. Sekalipun jika kita tidak melihat segala sesuatu, semua itu ada dalam Lauh Mahfuzh.

Menurut Tafsir Qurtubi, semua takdir makhluk Allah telah ditulis-Nya di Luh Mahfuz, bisa saja dihapus/ diubah oleh Allah atau Allah menetapkan sesuai dengan kehendak-Nya. Kemudian yang dapat mengubah takdir yang tertulis dalam Lauh Mahfuz itu hanya doa dan perbuatan baik/ usaha.

Nabi Muhammad bersabda:

“Tiada yang bisa mengubah takdir selain doa dan tiada yang bisa memanjangkan umur kecuali perbuatan baik”.

Lauh Mahfuzh akan kekal selamanya karena ia termasuk makhluk yang abadi, selain Lauh Mahfuzh makhluk abadi ada ‘Arsysurga,neraka dan lain-lain.

Membicarakan Kitab Lauh Mahfuzh jadi semakin panjang, tapi dari sini kita bisa  menelaah terkait paradigm berfikir kita tentang perbedaan takdir dan nasib.

  • a.       istilah taqdir

Setiap kata dalam Al-Quran untuk mengusut dia bentuk kata apa , maka salah satunya kita harus mengusut dari susunan tiga  hurup pokoknya. Jadi walaupun kata Miqdarun dan taqdirun seolah  merupakan dua kata yang berbeda namun tersusun dari kata yang sama yaitu Qa-da-ra.yang artinya adalah rancangan.

Qs: Ar-Rad ayat 8  “wakullu syai in ‘indallahi Miqdarun” maka maknanya kurang lebih “bahwa sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai rancangan masing-masing.

Jadi disini Allah telah menyatakan bahwa segala sesuatu adalah mempunyai rancangan masing-masing. Dan nanti akan di buktikan juga dengan hadist yang mengatakan” fil azali la syai’in illahi Azawajalla, tsumma khalaqal Maqadira” Pada mulanya tidak ada apapun kecuali Allah dengan segala ilmunya, selanjutnya (Dengan ilmunya itu) Allah membuat rancang bangun segala”

b.      Istilah Nasib

Istilah nasib, dapat kita temukan pada  Qs: Nisa  ayat 51 ” Alam tara  ilalladzina utunashiban minal kitabi yu’minu na bil jibti watthaaghut”  maknanya  ” Tidakkah kalian melihat, terhadap mereka yang mendapatkan nasib sial dari para ahlul kitab, mereka  percaya pada jibti dan thaghut.

Dari ayat tersebut sangat jelas bahwa kita mestinya dapat melihat akibat dari orang yang percaya dengan jibti dan thaagut, mereka akan menemukan nasib sial.   Jadi Apa itu nasib…? Berarti nasib adalah akibat dari pilihan hidup yang akan memastikan pada nasib baik (hidup dengan selain jibti dan taaghut) atau  dari pilihan hidup yang akan memastikan pada nasib sial ( dengan pilihan jibti dan thaaghut)

Segala sesuatu itu tergantung rancangan masing-masing. jadi taqdir berdasarkan Quran  maupun hadis diatas berarti adalah suatu rancangan. Bahasa Kerennya adalah Blue print. Allah sendiri dalam menciptakan alam semesta ini bermula dari ilmu-Nya yang kemudian membuat rancangannya yang terdiri rancangan positif dan negatif. (Thummakhalaqal maqaadir, thumma khalaqal maa) Pada penciptaan segala ini,  Allah telah mengajarkan dengan menciptakan dari yang baik atau rancangan yang baik maka begitu juga kita sebagai manusia harus mengawali sesuatu itu dengan yang baik. (”ma khalaqta hadza batilan, tidak Aku ciptakan dari sesuatu yang batil).

Setelah kita menyadari bahwa sesuatu itu mempunyai rancangan (  yang baik maupun yang buruk) maka Tugas Allah adalah sebagai Hakimun, yaitu Hakim penentu yang tidak pernah salah atas segala usaha yang dilakukan oleh Makhluqnya. Keputusan Allah ini tidak bisa diganggu gugat. Allah sebagai Penentu, dan manusia tinggal memilih rancangan mana yang mau diambil. Kalau manusia telah memilih mana rancangan yang mau diambil dan kemudian mengusahakan atas pilihannya itu dengan mengerahkan segenap kemampuanya , maka pada waktunya akan menerima keputusan atau nasib. jadi nasib adalah Keputusan dari Allah atau kepastian dari Allah atas yang pilihan yang diusahakannya.

Dan di ufuk fajar yang tersenyum, akan semakin mantap untuk melangkah🙂

(Zaitun)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Rabu, November 20, 2013 in Live

 

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: