RSS

Aku Ingin Menjadi PENULIS

20 Feb

IMG_20140220_074731

Berbekal suka menulis di blog dan kadang menulis cerpen. Kali ini aku ditantang dengan mbak Tuty, kalau bulan ini sudah harus bisa menyelesaikan satu naskah novel. Mba Tuty itu merupakan senior Penulis dan novel hasil karyanya sudah meramaikan dan membanjiri novel-novel di Gramedia.
Mba Tuty merupakan teman kerjaku, tapi aku sangat salut dengan semangat hidupnya. Aku dekat dengan dia bukan hanya karena dia juga alumnus UGM sama seperti aku, tapi selain itu juga, aku mengaguminya dari sisi bagaimana dia menghadapi Hidup. HIDUP ITU HARUS KREATIF. Itu pesannya, jangan malu untuk belajar ketrampilan apa saja. Bisnis ayam, dan Salon dia jabani. Dan inilah inspirasi terbesarku aku harus lebih mandiri dari segi karir maupun financial tentunya.

Aku tahu suatu saat nanti, aku akan menjadi ibu rumah tangga yang nota bene akan menjadi Ibu dari anak-anaku dan istri dari suamiku. Maka ketrampilan itu sangatlah dibutuhkan diluar pekerjaan kantoran. Istilahnya nyambi atau pekerjaan sambilan atau Free lance. Apalagi ketrampilan yang mendatangkan uang seperti menjahit, merias, bisnis kecil-kecilan dan lain sebagainya.
Dan dari Mba tuty ini juga memunculkan ide atau inspirasi terbesarku tentang bagaimana seharusnya dan sebaiknya jadi penulis.
Sudah beberapa halaman aku ketik, tapi memang belum kelar dan bukanlah hal mudah untuk aku bisa terjun sebagai penulis novel. Harus butuh banyak membaca dan waktu luang khususnya malam hari. Karena imajinasiku berkembang dengan baik ketika malam sudah semakin larut dan sepi. Bermula dengan iseng-iseng ini aku berharap ada kemajuan. Target pertama adalah penerbit yang kecil-kecil saja dulu, karena kata-kata alias bahasa novelku masih rancau kurang puitis.😀
Membedah tentang bagaimana seorang penulis yang sukses, untuk pemula seperti aku tidaklah mudah. Dalam waktu maksimal 3 malam aku harus bisa menyelesaian membaca satu buah novel. Jangan ngacau dulu yah, novel yang aku maksud disini bukan novel seperti karya “Fredy S” , tapi novel yang kubaca novel inspiratif membangun jiwa seperti karya Tere Liye dan novel inspiratif lainnya.
Dan sebagai pemula aku harus belajar dan paham gaya-gaya bahasa novel yang bagus terutama yang agak puitis itulah kesukaanku. Mungkin bagi temen-temen 3 hari adalah waktu yang lama, tapi bagiku itu waktu yang cukup, karena aku hanya bisa membaca disaat aku sudah dirumah alias pulang kantor. Dan kadang diwarnai lembur sehingga waktu membacaku bisa berkurang. Ditambah jika sudah capek pulang dari kantor, aku biasanya ketiduran saat membaca.
Sedikit mengintip bagaimanakah menjadi pemula penulis yang sukses. Ini nih yang harus dilakuin :

Pertama :
menulislah dengan tema atau topic yang paling anda sukai. Yang anda sukai pasti banyak, tapi pastilah ada yang lebih lebih lebih dan lebih anda sukai. Mengapa? Karena dengan menulis tentang hal-hal yang kita sukai ide-ide kreatif kita akan berkembang dan ketika kita menulis pun lebih lancar dan cepat karena sekali lagi kita telah menguasai hal-hal tersebut. Bagaimana caranya ? yah … yang jelas pertama kita harus menyediakan buku pegangan atau laptop ataupun android yang ada officenya.
Manfaatnya … dengan adanya alat tersebut kita bisa menulis hal-hal yang bersifat spontan yang keluar dari ide kita. Dan ide kita muncul itu tidak bisa di tebak kapan waktunya dan dimana. Dan yang pastinya kadang ide tersebut tidak terulang lagi dan hilang alias lupa jika kita tidak merekamnya dengan menulis.
Berbekal alat tersebut kita menciptakan suatu karya yang spontanitas dan bebas dan dari sini kita bisa kembangkan lebih luas lagi. Lupakan teori, lupakan rumus,tapi menulislah secara bebas mengikuti imajinasi fikiranmu dan bayangkan jika kita berada di sana atau kita sebagai pelakunya. Rasakan dan buat fikiran kita terhanyut oleh cerita yang kita tuangkan dalam naskah tersebut.

Kedua :
Tulislah ulang karya-karya novel yang best Seller atau novel-novel yang kamu sukai. Bukan berarti kita mau copas. Kita hanya menulis kata yang penting-penting saja. Kutip dan jadikan referensi bagaimana ketika menggambar seseorang, tempat ataupun kejadian. Dan tulis juga bahasa-bahasa yang unik dan menarik lainnya untuk dijadikan kamus kata atau perbendaharaan kata dalam membuat novel.

Itu sedikit share dari aku, Good Luck dan sama-sama kita mencoba.. CIAOOOOO 🙂

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Kamis, Februari 20, 2014 in Live

 

2 responses to “Aku Ingin Menjadi PENULIS

  1. rasibook

    Jumat, Juni 13, 2014 at 7:27 am

    Hobi menulis? kami bisa menerbitkan tulisan Anda menjadi buku.
    Penulis akan mendapatkan royalty 15% per penjualan apabila bukunya terjual.
    Silakan terbitkan di http://www.rasibook.com. Pilih paketnya dan kirim naskah anda ke http://www.rasibook.com/p/paket-penerbitan.html

    Rasibook
    CV. Rasi Terbit

    web : http://www.rasibook.com
    Fanpage : https://www.facebook.com/rasibook
    email : rasibook@yahoo.com
    twitter : https://twitter.com/rasibook
    Google + : https://plus.google.com/+Rasibookpenerbit

     
  2. zaitunmaname

    Senin, Juni 23, 2014 at 5:50 am

    Terima kasih banyak…secepatnya akan saya kirimkan naskah saya..lewat email kah mba/Ibu/mas?

     

Tinggalkan Komentar

 
