RSS

SAINS

APAKAH ITU BLACK HOLE ??

 

 

 

 

 

 

 

 

Sudah tahu Black hole (lubang hitam)???

Black Hole adalah sebuah daerah dalam ruang waktu yang dipengaruhi gravitasi cukup kuat untuk melengkungkan ruang waktu. Sehingga akan tercubit dari keseluruhan semesta.

Lubang Hitam (black hole) juga bisa dikatakan sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasielektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”.

Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.

Teori Lubang Hitam pertama kali diperkenalkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking. Pada saat ini banyak astronom yang percaya bahwa hampir semua galaksi dialam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi.

Bintang mengalami keruntuhan disebabkan oleh ketidak seimbangan antara gaya gravitasi dan tekanan pada bintang. Kita tahu bahwa bintang merupakan kumpulan gas yang memiliki gaya gravitasi yang menekan ke dalam inti dan gaya tekanan yang menekan ke atas inti. Jika gaya tekanan lebih kecil dari gaya gravitasi maka kumpulan gas akan tertarik ke dalam inti dan mengalami pemampatan. Sehingga bintang akan menyusut dan berukuran lebih kecil. Jika gaya gravitasi semakin kuat maka dapat menyebabkan Black Hole.

Namun perlu diingat Black Hole itu sebetulnya bintang mati yang mempunyai massa sangat besar dalam sebuah volume yang kecil yang mengalami peyusutan atau keruntuhan akibat bintang kehabisan bahan nuklir yang ada di dalam intinya, sehingga gaya gravitasi menjadi lebih besar. Tidak semua bintang yang mati akan menjadi Black Hole. Hal itu juga tergantung pada ukurannya .Jika bintang memiliki massa kecil (seperti matahari) maka akan menjadi “si kerdil putih” atau “bintang neutron” atau bintang katai putih. Black hole memiliki gravitasinya yang sangat besar bahkan cahaya pun tidak akan bisa lolos dari Black Hole kalau partikel-partikel cahaya ini sudah memasuki batas “event horizon”nya Black hole itu…(gravitasinya yg besar juga menyebabkan kelengkungan ruang waktu yg sangat “dalam”! )

Selain itu bintang-bintang bermassa besar juga menyebabkan terbentuknya lekukan-lekukan yang dapat ditemukan di ruang angkasa. Namun, lubang hitam tidak hanya menimbulkan lekukan-lekukan di ruang angkasa tapi juga membuat lubang, hal ini terlihat pada gambar berikut :

 Wallahu a’lam bishawab  (zaitun)

 

7 responses to “SAINS

  1. wati

    Jumat, Juli 13, 2007 at 5:28 am

    Hehe…walopun dijelasin juga tetep ngga bisa bayangin lubang hitam, kok bisa ya yg masuk ke dalamnya nga bisa balik lagi? Trus ke mana yah?

     
  2. Anonim

    Kamis, September 25, 2008 at 6:49 am

    sayangnya kita g pernah k sana, mangkanya g ngerti kalo d jelasin

     
  3. faisa

    Senin, Februari 23, 2009 at 8:11 am

    Hehe…walopun dijelasin juga tetep ngga bisa bayangin lubang hitam, kok bisa ya yg masuk ke dalamnya nga bisa balik lagi? Trus ke mana yah?

    ke dimensi lain kali … he he he …

     
  4. faisa

    Senin, Februari 23, 2009 at 8:14 am

    sori, salah kirim, koq ga bisa buat tabel di form comment ini yah?

     
  5. Hamba Allah

    Sabtu, Desember 31, 2011 at 1:24 am

    Hidup melakukan yg baik lebih baik lebihterbaiik hidup dijalani seperti ait mengalir

     
  6. transforum2012

    Senin, Desember 17, 2012 at 11:48 am

    Black hole (lubang hitam) mungkin tidak termasuk bagian dari ruang nyata (dimensi-3 + waktu) … , sehingga partikel yang berada di dalam lubang hitam mungkin berada di luar ruang nyata … . [model non-FET]

    NB. : FET adalah singkatan dari Flat Earth Model.

    Mungkin daerah yang disebut lubang hitam merupakan daerah yang tidak dilalui sinyal-sinyal informatif (misal: cahaya tampak maupun gelombang elektromagnet lainnya) … sehingga detektor yang hanya mampu mengamati beberapa sinyal informatif (misalnya hanya mampu mengamati cahaya tampak saja) tidak dapat mendeteksi keberadaan suatu objek yang berada di dalam daerah (3-dimensi) yang tidak dilalui sinyal-sinyal informatif tadi … . [model FET versi saya]

     
  7. transforum2012

    Senin, Desember 17, 2012 at 11:49 am

    Maaf, ada ralat … .

    NB. : FET adalah singkatan dari Flat Earth Theory … .

     

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: